Wednesday, May 20, 2020

Pengantarmukaan Perif. Komp. | PORT KOMUNIKASI

1.       Jelaskan apa yang dimaksud port komunikasi!
2.       Sebutkan apa saja port komunikasi tersebut!
3.       Jelaskan secara umum cara kerja dari port komunikasi!

Jawab :

1. Port komunikasi merupakan pintu  atau gerbang yang digunakan untuk proses keluar atau masuknya data antara pemroses dengan perangkat i/o. Port komunikasi digunakan untuk menghubungkan antara komputer (pemroses) dengan perangkat di luar komputer.

2. Port serial, port paralel, port usb, dan lainnya.

3. Penghubung antara perangkat input dan perangkat output kepada perangkat pengolah data pada komputer. Beberapa macam jenis input port adalah port ps2, port usb. Untuk output port yang sering kita jumpai adalah output untuk monitor seperti VGA dan HDMI.
Perangkat input seperti keyboard, mouse akan mengirimkan perintah yang kita lakukan melalui input port, kemudian perintah yang kita kirimkan akan masuk ke dalam prosessor untuk diproses, setelah pemrosesan selesai, maka output akan dihasilkan, contoh ketika kita mengetik kata "brainly" pada keyboard, maka ketikan huruf-huruf tersebut akan dikirimkan ke prosessor melalui input port, kemudian akan diterjemahkan dan akan dimunculkan pada monitor melalui outport port dengan bantuan sistem operasi tentunya.

0 comments:

Post a Comment