Thursday, October 25, 2018

Tugas Sistem Operasi : Contoh Threads Untuk Android

Telefon Genggam, atau lazimnya kita sapa dengan sebutan Smartphone, Akhir akhir ini sudah dimasuki sebegitu banyaknya tugas tugas tambahan dari esensi sejatinya telefon genggam yang mendasar, dari hanya sekadar Telefon Dan SMS. Mulai dari fitur kamera yang kualitasnya sekarang mendekati kamera sungguhan, hingga mampu menjalankan banyak sekali aplikasi zaman sekarang dengan lancar dan mulus, berkat dukungan Memory yang besar dan Chip Prosesor yang semakin hari semakin cepat, mampu diutilisasikan dengan baik oleh pengelolaan Threads yang baik.

Contoh Threads yang sedang dijalankan di latar belakang
 Dalam skenario penggunaan Multi tugas (Multitasking), Peranan pembagian beban kerja kepada sumber daya komputer sangatlah dibutuhkan, maka dari itu dipergunakanlah konsep Threads agar setiap program yang berjalan dapat memiliki ruang kerja tersendiri dan alokasi sumber daya komputer tersendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem operasi
proses dan thread memberikan layanan besar, tetapi ada perbedaan antara mereka dalam cara mereka beroperasi. Semua program yang berjalan pada komputer menggunakan setidaknya satu proses atau thread. Proses dan thread membiarkan saklar prosesor lancar antara beberapa tugas sambil berbagi sumber daya komputer.


Sebenarnya, Apa sih Threads itu ? menurut wikipedia :

 "Ulir, utas atau thread (singkatan dari "thread of execution") dalam ilmu komputer, diartikan sebagai sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess (ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem). Ulir sebenarnya mirip dengan proses, tetapi cara berbagi sumber daya antara proses dengan ulir sangat berbeda. Multiplethread dapat dilaksanakan secara sejajar pada sistem komputer. Secara umum multithreading melakukan time-slicing (sama dengan time-division multipleks), di mana sebuah CPU bekerja pada ulir yang berbeda, di mana suatu kasus ditangani tidak sepenuhnya secara serempak, untuk CPU tunggal pada dasarnya benar-benar melakukan sebuah pekerjaan pada satu waktu. Teknik penggantian (switching) ini memungkinkan CPU seolah-olah bekerja secara serempak

Contoh Threads Pada Android, Diantaranya :


Main Thread

Ketika aplikasi dijalankan, sistem mengeksekusi sebuah thread yang bernama “main”. Thread ini sangat penting karena thread inilah bertanggung jawab terhadap User Interface (UI) pada aplikasi kalian. Selain itu thread ini juga bertugas untuk menaruh semua object seperti tombol, gambar, spinner, dan objek UI lainya pada layar.
Oleh karenanya Main Thread juga bisa dibilang sebagai UI Thread. Pada UI Thread inilah kalian dapat mengubah TextView, Mengubah ImageView, mengganti warna background, dan aksi lainya yang dapat merubah tampilan pada UI. Kalian tidak dapat mengubah komponen UI pada Background Thread.

Background Thread

Background Thread atau bisa juga disebut sebagai Worker Thread merupakan Thread yang terpisah dari Main Thread. Karena sifatnya yang terpisah dari Main Thread, Background Thread dapat digunakan untuk melakukan proses yang berat seperti contohnya thread untuk menerima panggilan, melakukan sinkronisasi data ke server google, menentukan lokasi perangkat pengguna, dan lain lain. biasanya backgroud thread berisi aplikasi aplikasi yang sudah pernah kita buka sebelumnya.


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Utas_(komputer)
https://renotekno.com/main-thread-vs-background-thread-pada-android/

0 comments:

Post a Comment