Wednesday, May 20, 2020

Pengantarmukaan Perif. Komp. | Bus Interfacing

1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan bus interfacing!
2.    2. Sebutkan dan jelaskan tentang struktur bus!
3. Sebutkan contoh dari bus interfacing!

 
Jawab: 
1.  Penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data antar komponen komputer. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus. Melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan sistem bus. Kecepatan komponen penyusun komputer harus diimbangi kecepatan dan manajemen bus yang baik.
 
2. Terdapat 4 bus dalam struktur bus interfacing yaitu :
- BUS Sistem  : Sebuah Bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer (CPU, Memori ,I/O).
- BUS DATA : Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Besar jalur bus data mempengaruhi kinerjanya, contoh : 8, 16, 32 dan 64 bit.
- BUS ALAMAT : Identifikasi sumber atau tujuan data pada bus data. Mengalamati port-port I/O. Contoh : jika CPU akan membaca word ( 8, 16 atau 32 bit) data dari memori maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat.
- BUS KONTROL : Mengontrol akses ke saluran alamat dan pengguna data. Mengendalikan dan mengatur timing informasi :
     a. Sinyal read /write
     b. Interrupt request
     c. Sinyal clock
 
3. PCI, ISA, USB, SCSI, VGA

Saturday, May 9, 2020

Tugas Pengantarmukaan Perif. Komp. | Prinsip Dasar Antarmuka (Protokol)


1. apa yang dimaksud protokol!
2. Sebutkan dan jelaskan apa saja komponen protokol!
3. Jelaskan fungsi secara detail dari protokol
JAWAB

1.      Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer
2.       
1.      Aturan atau prosedur
Mengatur pembentukan/pemutusan hubungan
2.      Format atau bentuk
representasi pesan
3.      Kosakata (vocabulary)
Jenis pesan dan makna masing-masing pesan
3. 1. Fragmentasi dan Reassembly
Fragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data. Proses ini terjadi di sisi pengirim informasi. Reassembly adalah proses menggabungkan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap. Proses ini terjadi di sisi penerima informasi.
Terjadinya fragmentasi ditanandai dengan urutan beberapa PDU dari beberapa batasan ukuran. Protokol dengan tingkat yang lebih rendah mungkin harus memisahkan data ke dalam blok yang lebih kecil supaya dapat berkomunikasi. Jaringan komunikasi suara misalnya, mungkin hanya menerima blok sampai suatu ukuran tertentu. Misalnya ATM 53 atau Ethernet 1526 dengan komposisi music 8 channel.

2. Encapsulation

Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi informasi yang akan dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi, dan lain-lain. Selanjutnya paket data ini dinamakan Frame.
Data pada umumnya ditransfer dalam blok-blok dan dikendalikan oleh Protocol Data Unit( PDU). Masing-Masing PDU berisi data dan kontrol informasi, sedangkan beberapa PDU lainnya hanya mengendalikan.

3. Connection Control

Fungsi dari Connection Control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter ke receiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan. Pada pemindahan data tanpa sambungan (saat pertama kali sinyal koneksi baru akan dibangun), masing-masing PDU diperlakukan sendiri-sendiri, misalnya datagram.
4. Flow Control

Flow Control berfungsi mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver. Dilakukan dengan menerima kesatuan untuk membatasi jumlah atau tingkat data yang dikirim. Flow control harus memiliki fitur Stop-And-Wait, artinya masing-masing PDU harus diakui sebelum yang dikirim berikutnya. Misalnya saat hardware menunggu akses disk, maka pengiriman data harus dihentikan sementara hingga data yang sudah sampai ditulis di dalam disk.

5. Error Control
Pengiriman data tidak terlepas dari kesalahan, baik dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.

6. Transmission Service

Fungsi transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data. Misalnya pengaturan batas koneksi, prioritas paket, mutu jaringan (dengan mengeset minimum-maksimum gateway timeout), membatasi akses paket, dan sebagainya. Fitur-fitur ini tergantung pada sistem dasar transmisi dan kesatuan tingkat yang lebih rendah

source
http://blog.unnes.ac.id/atikaisma/2016/02/23/fungsi-protokol-jaringan/


Monday, May 4, 2020

Pengantarmukaan Perif. Komp. | Tugas Prinsip Dasar Antarmuka

  1. Jelaskan apa yang dimaksud handsaking!
  2. Berikan contoh handsaking antar perangkat!
  3. Jelaskan keterkaitan handsaking hardware dan handsaking software!
Jawab :
1. Handshaking adalah suatu proses otomatis yang terjadi ketika computer adalah untuk berkomunikasi dengan perangkat asing untuk menetapkan peraturan untuk komunikasi. ketika computer berkomunikasi dengan perangkat lain seperti printer, modem, atau server jaringan, perlu jabat tangan dengan itu untuk membuat sambungan. 

2.  Salah satu contoh klasik adalah handshaking modem, yang biasanya bernegosiasi parameter komunikasi untuk periode singkat bila sambungan pertama kali didirikan, dan setelah itu gunakan parameter untuk memberikan mentransfer informasi yang optimal melalui saluran sebagai fungsi dari kualitas dan kapasitas.
3. Handshaking perangkat lunak digunakan untuk mengontrol pengiriman data dan, dalam banyak kasus, untuk meningkatkan fungsionalitas pengiriman pesan antar sistem.
Pada dasarnya, handshaking hardware adalah bentuk yang lebih mekanis dari protokol handshaking, di mana sinyal biasanya bergerak melalui saluran fisik yang berbeda, tidak seperti banyak jenis handshaking software.

Saturday, April 25, 2020

Tugas Rangkaian Dasar Antarmuka

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dan fungsi dari rangkaian dasar antarmuka!
  2. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk rangkaian dasar antarmuka!
  3. Jelaskan hal apa yang mendasari antar perangkat dapat saling berkomunikasi biarpun karakteristik perangkat tersebut berbeda-beda!
Jawab :
1. Rangkaian dasar antarmuka adalah rangkaian yg bertujuan untuk menghubungkan bersama satu perangkat, terutama komputer atau mikro-controller dengan yang lain yang memungkinkan kita untuk merancang atau mengadaptasi konfigurasi input dan output dari dua perangkat elektronik sehingga mereka dapat bekerja bersama.
2. Rangkaian Antarmuka Input: dapat mengubah keadaan input hanya dengan mengoperasikan sakelar, menekan tombol atau menggerakkan magnet pada sakelar buluh (reed).\
Rangkaian Antarmuka Input Sakelar Tunggal : Sakelar dan push-button adalah perangkat mekanis yang memiliki dua atau lebih rangkaian kontak listrik. Ketika sakelar terbuka atau terputus, kontak-kontak dihidupkan terbuka dan ketika sakelar ditutup atau dioperasikan, kontak-kontak ini disingkat menjadi satu.
Rangkaian Antarmuka Input Sakelar DIP : Sakelar atau Switch DIP adalah sakelar individual yang dikelompokkan bersama sebagai empat atau delapan switch dalam satu paket. Ini memungkinkan switch DIP untuk dimasukkan ke dalam soket IC standar atau kabel langsung ke rangkaian atau papan tempat breadboard.
3. karna terdapat Sebuah protokol, yaitu sebagai sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik.

Friday, April 17, 2020

Tugas Pengantarmukaan Perif. Komp : Rangkaian Dasar Antarmuka


  1. Jelaskan mengapa komputer atau perangkat lain harus saling dihubungkan!
  2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang diperlukan sehingga antar perangkat yang sudah saling terhubung dapat saling berkomunikasi dan bertukar data!
  3. Jelaskan keuntungan dan kerugian dari interface yang menggunakan media transmisi wireless!
1.      Agar computer atau perangkat lain bisa saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga dapat saling bertukar data, sumber daya, Dll.
2.      1. Menggunakan aplikasi komunikasi yang sama
2. Menggunakan protocol pengiriman data yang sama (FTP,SMB, dll)
3. kedua perangkat Sudah terkonfigurasi dengan benar
3.      Keuntungan : lebih memudahkan karena tidak memerlukan kabel, lebih banyak jenis perangkat yang menggunakan wireless (HP, Tablet, Laptop, PC dll), konfigurasi lebih mudah
Kelemahan : tidak se-stabil dan se-reliable koneksi dengan wired (kabel), memiliki banyak gangguan dan interferensi, jumlah perangkat yg terkoneksi terbatas.